Skip to content

Dilandasi oleh hasil kurasi riset-riset dari berbagai komponen kunci pengembangan dan pendidikan anak usia dini, yaitu komponen:

      1. Kesehatan: kesehatan yang holistik (fisik dan mental) pada anak dan ibu, imunisasi, akses dan kualitas layanan, lingkungan dan perilaku bersih dan sehat, dll;
      2. Gizi: edukasi gizi seimbang, ASI eksklusif, akses terhadap gizi seimbang bagi ibu dan anak;
      3. Pengasuhan: pendekatan gender dalam pengasuhan, mengembangkan interaksi berbalas, edukasi keterampilan pengasuhan berbasis kebutuhan anak, pengasuhan dalam bencana, pengasuhan sementara dan alternatif;
      4. Stimulasi dini: akses terhadap stimulasi dini, bermain dan alat main, lingkungan yang menstimulasi;
      5. Pendidikan: akses terhadap layanan PAUD, wajib belajar 13 tahun, inovasi pembelajaran yang berpusat pada anak;
      6. Perlindungan: mencegah kekerasan pada anak, perubahan iklim dan kebencanaan, bantuan sosial, pemenuhan hak anak berkebutuhan khusus;
      7. Ekosistem pendukung: konteks budaya, sosial ekonomi dan pendidikan pengasuh, integrase lintas sektor, kualitas SDM penyedia layanan, kepemimpinan nasional dan local.

Kurasi dari berbagai riset tersebut digunakan sebagai:

      1. Materi advokasi bagi para penggerak kunci ekosistem anak usia dini;
      2. Fondasi untuk pengembangan riset ataupun inovasi lebih lanjut;
      3. Mendorong riset dan inovasi sebagai bagian dari budaya untuk menghasilkan bukti.