Dilandasi oleh hasil kurasi riset-riset dari berbagai komponen kunci pengembangan dan pendidikan anak usia dini, yaitu komponen:
-
-
- Kesehatan: kesehatan yang holistik (fisik dan mental) pada anak dan ibu, imunisasi, akses dan kualitas layanan, lingkungan dan perilaku bersih dan sehat, dll;
- Gizi: edukasi gizi seimbang, ASI eksklusif, akses terhadap gizi seimbang bagi ibu dan anak;
- Pengasuhan: pendekatan gender dalam pengasuhan, mengembangkan interaksi berbalas, edukasi keterampilan pengasuhan berbasis kebutuhan anak, pengasuhan dalam bencana, pengasuhan sementara dan alternatif;
- Stimulasi dini: akses terhadap stimulasi dini, bermain dan alat main, lingkungan yang menstimulasi;
- Pendidikan: akses terhadap layanan PAUD, wajib belajar 13 tahun, inovasi pembelajaran yang berpusat pada anak;
- Perlindungan: mencegah kekerasan pada anak, perubahan iklim dan kebencanaan, bantuan sosial, pemenuhan hak anak berkebutuhan khusus;
- Ekosistem pendukung: konteks budaya, sosial ekonomi dan pendidikan pengasuh, integrase lintas sektor, kualitas SDM penyedia layanan, kepemimpinan nasional dan local.
-
Kurasi dari berbagai riset tersebut digunakan sebagai:
-
-
- Materi advokasi bagi para penggerak kunci ekosistem anak usia dini;
- Fondasi untuk pengembangan riset ataupun inovasi lebih lanjut;
- Mendorong riset dan inovasi sebagai bagian dari budaya untuk menghasilkan bukti.
-